Penerapan prinsip pengajaran Bahasa China sebagai bahasa kedua pada mata kuliah Percakapan 3 di jurusan S-1 Sastra China di Universitas X Bandung

Preyi Vencania Lumanda

Abstract


Semakin banyaknya permintaan akan pembelajaran bahasa China akan membuat peran pengajar semakin penting. Pengajar akan mentransfer ilmu yang dimilikinya kepada peserta didiknya, oleh karena itu pengajar perlu untuk menyusun suatu rancangan pembelajaran semester yang efektif. Rancangan pembelajaran semester yang efektif akan meningkatkan kualitas belajar peserta didik dan memperdekat hubungan pengajar dan peserta didik, selain itu juga akan meningkatkan animo masyarakat yang tertarik untuk mempelajari bahasa China. Pengajaran Bahasa China sebagai bahasa kedua sangat penting mengingat bahasa China bukanlah bahasa ibu masyarakat Indonesia dan Bandung pada khususnya. Penulis yang juga merupakan salah satu pengajar di perguruan tinggi menyusun sebuah rancangan pembelajaran semester yang telah dipraktikkan pelaksanaannya, dan hasil yang didapat menunjukkan rancangan yang disusun masih belum mendapatkan hasil yang maksimal. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti pengaturan jam kuliah, beban studi yang ditempuh oleh mahasiswa/i, pemberian tugas dan soal ujian praktik yang diberikan, dan hal-hal lain yang tidak terpikirkan sebelumnya oleh penulis.


References


Wu, Yongyi 吴勇毅. 2003. Dui wai hanyu jiao xue ketang jiaoan sheji. Sinolingua.

Zhao, Jinming 赵金铭. 2010. Hanyu zuo wei di er yuyan jineng jiao xue. Beijing University Press.

Zhao, Jinming 赵金铭. 2010. Hanyu zuo wei di er yuyan yaosu jiao xue. Beijing University Press.

Zhiying, Lu 路志英. 2011. Developing Chinese Intermediate Speaking Course I 2nd Edition. Beijing Languange and Culture University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.36279/apsmi.v1i2.36

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.36279/apsmi.v1i2.36.g19

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JURNAL CAKRAWALA MANDARIN 2017,

Alamat Redaksi:
Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Universal
Komp. Maha Vihara Duta Maitreya, Bukit Beruntung, Sungai Panas,
Batam 29456, Indonesia.

Tlp. +62778473399 - hermanuvers72@gmail.com 

E-ISSN 2579-4906